twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sabtu, 23 Februari 2019

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018

            Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya kita dapat berkumpul hari ini, Sabtu, 23 Pebruari 2019, dalam suasana kekeluargaan untuk menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha (KSU) AMPUH Tahun buku 2018 pada tahun yang ke-sembilan. RAT merupakan kewajiban pengurus sebagai wadah untuk menyampaikan pertanggungjawaban keuangan pengurus kepada anggota koperasi. Adapun yang dapat disampaikan dalam laporan ini adalah mengenai; bidang organisasi, bidang administrasi, dan bidang usaha.

I.     Organisasi

1.1  Sejarah KSU AMPUH

Koperasi Serba Usaha “Amanat Masyarakat Peduli Umat Hindu” didirikan atas prakarsa Lembaga Peduli Umat Hindu, sekarang berubah menjadi “Yayasan Peduli Umat Hindu” (YPUH), yang anggotanya sebagian besar terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat yang secara intensif menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat ekonomi lemah khususnya Umat Hindu. Umat Hindu di Bali melaksanakan kewajiban dan tanggungjawab terhadap leluhur cukup besar. Untuk bisa mempertahankan tradisi budaya khususnya bagi Umat Hindu yang kurang mampu diperlukan uluran tangan dari berbagai pihak, seperti dari pemerintah, lembaga swadaya masyarakat. “Yayasan Peduli Umat Hindu” (YPUH) memiliki inisiatif untuk mendirikan Koperasi yang mempunyai tujuan untuk membantu dan memperkuat posisi umat yang kurang mampu menjadi lebih baik, bahkan dapat melaksanakan seluruh kewajibannya terkait dengan tanggungjawabnya dalam mempertahankan tradisi, agama dan kepercayaannya. KSU “AMPUH” didirikan oleh Dewan Pendiri berjumlah 22 (dua dua) orang pada tanggal 31 Agustus 2010 dan melaksanakan kegiatannya mulai tanggal 4 Januari 2010. Koperasi Serba Usaha “Amanat Masyarakat Peduli Umat Hindu” KSU-AMPUH memperoleh badan hukum Nomor: 67/BH/XXVII.3/V/2010, tanggal: 2 Mei 2010, alamat : Jalan Bisma 22 Singaraja Bali. KSU AMPUH telah memiliki dan dilengkapi dengan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) No. 22.01.2.64.00132 tertanggal 19 Mei 2016, Surat Izin Usaha Perdagangan Menengah Nomor. 503-12/3/379/SIUP/BPPT/2016, tertanggal 19 Mei 2016 dan Surat Izin Simpan Pinjam Nomor : 076/SIUSP/XXVII.3/V/2016, tertanggal 10 Oktober 2016.

1.2  Struktur Organisasi

Berdasarkan hasil Rapat Pembentukan tanggal 31 Agustus 2010, dan diperkuat dengan Akta Notaris Farida Andriani, SH. Nomor: 02 tertanggal 10 April 2010, dan Penetapan Kembali Pengurus dan Pengawas pada Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2015, tanggal 14 Pebruari 2016, adapun daftar pengurus sebagai berikut:
Pengurus
Ketua              : Dr. Gede Sandiasa, S.Sos, M.Si
Sekretaris        : Drs. I Made Madiarsa, M.MA
Bendahara       : Dra. Ni Ketut Adi Mekarsari, MM
Pengawas
Ketua              : Dra. Ni Nyoman Resmi, MM
Anggota          : Saptala Mandala, SH, MH
Anggota          : Kadek Budiasa, SE
Pada kesempatan ini kami informasikan bahwa anggota pengawas a.n. Bapak Made Tantra sudah meninggal dunia pada bulan Januari 2018, sudah diganti dalam RAT TB 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 24 Pebruari 2018 oleh Bapak Kadek Budiasa untuk sisa periode kepengurusan sampai tahun 2021

1.3    Keanggotaan dan Karyawan

Perkembangan keanggotaan KSU Ampuh Selama Tahun buku 2018 sebagai berikut:
Awal dan Akhir Tahun 2018
Masuk Th. 2018
Keluar Th. 2018
Awal Tahun 175 Orang
Akhir Tahun 188 orang
22 Orang, an.
1.    Md. Iwan Oktaviya
2.    Putu Sumita
3.    I Gede Ariasta
4.    Kadek Arini
5.    Putu Parwati
6.    Jro Alit Puri
7.    Luh Putu Sariani
8.    Made Sulandra
9.    Made Sedana Meling
10. Luh Adnyani
11. I Gusti Agung Wahyudi Putra
12. Kadek Winasih
13. Luh Santini
14. Nyoman Adnyani
15. Christian Natanel Sendow
16. Luh Sri Eka Widyastuti
17. Ida Ayu Putu Merdiani
18. Ketut Budi Sutadnyana
19. Gede Panca Santosa
20. Nyoman Seni
21. Komang Sri Erna Suryanti
22. Made Sumiati
9 Orang an.
1.    Made  Tantra
2.    Ida Sri Bagawan Wira Panji  y. 
3.    Luh  Putu Ariantini
4.    Putu  Sedana
5.    Jro Pandita
6.    Made  Artana
7.    I  Wayan Padet Arya
8.    Ketut  Wetan Sastrawan
9.    Ni Nyoman  Puspa  Adnyani 


    Karyawan selama tahun buku 2018
Awal Th. 2018
Penerimaan Th. 2018
Berhenti Th. 2018
Awal Tahun 6 orang
Akhir Tahun 7 orang
1.      Dewa Angga  Adipati
2.      Ni Ketut Sudianing 
1.    Dewa Angga  Adipati

Nama Karyawan per 31 Desember 2018 sebagai berikut.
1.     Dr. Dede Sandiasa, S.Sos, M.Si sebagai Pengelola
2.      Ni Luh Sumarni  sebagai Kasir
3.      Ketut Sujana Pegawai Bagian Kredit
4.      Luh Lia Agustina, SE Sebagai Pegawai Administrasi
5.      Ni Made Juliati sebagai Petugas Lapangan
6.      Ketut Sumardika sebagai Petugas Lapangan
7.      Ni Ketut Sudianing, S.Sos, M.AP  sebagai Adminitrasi, Marketing dan Pengendali Kredit

II.  Bidang Administrasi

Proses administrasi dalam rangka mendukung kegiatan operasional sudah terus diupayakan secara bertahap untuk menghasilkan laporan keuangan sesuai petunjuk Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng.
  1. Administrasi kami selalu berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng.
  2. Administrasi Keuangan dan Pembukuan; dilakukan pencatatan secara tertib dan mudah, tertib administrasi dan bukti transaksi. Disamping secara manual KSU AMPUH juga menggunakan bantuan Program dan setiap akhir bulan dilakukan pencetakan secara lengkap. Untuk kas, laporan rugi laba, neraca singkat, neraca harian, mutasi kredit, berita acara keuangan diprint setiap hari dicocokkan dengan buku bantu dan laporan keuangan secara manual dan bukti-bukti transaksi.
  3. Administrasi Kredit. Proses yang menyangkut administrasi kredit, dari permohonan calon debitur yang diterima pegawai bagian kredit. Permohonan di analisa, dibuat keputusan, calon debitur mengisi blanko permohonan, dilakukan penilaian tentang kelayakan penerima pinjaman, baik berkaitan dengan kemampuan bayar, jaminan, kepercayaan dan debitur menandatangani SPP (Surat Perjanjian Pinjaman), kemudian realisasi kredit. Setelah realisasi terus diadakan pengawasan kredit sampai kredit lunas.
  4.  Administrasi yang terkait kerjasama. Dalam melancarkan usaha KSU AMPUH melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan lain, seperti LPD, Koperasi, Instansi Pemerintah dan Swasta dengan perikatan kerjasama.
  5.  Administrasi  menyangkut Tata Usaha. Dalam rangka memudahkan mengenali dan mengambil kembali arsip, bukti-bukti telah dilakukan dengan filling system, sehingga dapat memperlancar pelayanan dan guna keperluan laporan baik secara manual maupun melalui komputerisasi.
  6. Bagan Alur Administrasi dan Transaksi Pelayanan Anggota Unit Simpan Pinjam KSU AMPUH Singaraja

I.          Bidang Usaha

Pada usia KSU AMPUH yang ke-9 tahun sudah mampu bertahan untuk melakukan usaha dan mampu mendapatkan sisa hasil usaha. Adapun perkembangan usaha selama tahun buku 2018 dapat dilihat pada laporan terlampir sebagai berikut.
a.       Neraca Akhir Tahun 2018
b.      Perhitungan Hasil Usaha Tahun 2018
c.       Neraca Lajur Tahun 2018
Sedangkan hal-hal lain yang berkaitan dengan perincian dan kelengkapan teknis bisa langsung dilihat dalam buku bantu dan lampiran yang lebih rinci di kantor. Selain itu juga perlu dikaji bersama untuk tahun 2019 adalah;
1.      Rencana Kerja KSU AMPUH Tahun Buku 2019 (terlampir)
2.      Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi tahun 2019 (terlampir)
Akhirnya dalam rangka peningkatan kinerja KSU AMPUH, maka peran Pengawas diperlukan secara lebih luas, tidak hanya menyangkut pemeriksaan intern pengelola, tetapi lebih luas termasuk pengawasan pegawai di lapangan, memantau peredaran kredit di lapangan, serta diharapkan mampu memberikan motivasi bagi pegawai untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, serta pengecekan-pengecekan data yang sudah ada, maka diperlukan pengecekan ke nasabah (lapangan) baik oleh badan Pengawas, ataupun Pengurus secara sampling setiap 3 bulan sekali. Untuk menunjang kelancaran kinerja Koperasi diperlukan dukungan anggota lebih banyak, untuk memanfaatkan jasa koperasi baik melalui simpanan maupun pinjaman.
       Demikian laporan yang dapat kami sampaikan atas kepercayaan dan perhatian anggota kami atas nama pengurus dan pengawas mengucapkan terima kasih.

OM SHANTI SHANTI SHANTI, OM

Singaraja, 23 Pebruari 2019
Pengurus,
Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas KSU AMPUH 
(Dr. Gede Sandiasa, S.Sos, M.Si (Ketua KSU AMPUH)
(Dra. Ni Nyoman Resmi, MM (Ketua Badan Pengawas KSU AMPUH)

Analisis Kesehatan Usaha Oleh Anggota Badan Pengawas
(Made Budiasa, SE)

Sambutan dan Sumbang saran dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng 
Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Buleleng

Penyerahan Doorprice Oleh Mitra Kerja KSU AMPUH
Ketua LPD Anturan (Nyoman Arta Wirawan)


Penyerahan Doorprice Oleh Mitra Kerja KSU AMPUH
Ketua LPD Desa Pakraman Sangket (Made Budiasa, SE)


Penyerahan Doorprice Oleh Mitra Kerja KSU AMPUH
Dari BPD Bali Cabang Sngaraja

doorprice dari KSU AMPUH 

Anggota KSU AMPUH tahun 2019

Terima kasih pada Seluruh Mitra Kerja KSU AMPUH
Terima kasih pula pada Universitas Panji Sakti 
Yayasan Korpri Panji Sakti
yang telah memberikan tempat bagi Kantor KSU AMPUH sampai saat ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar