twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Rabu, 18 Mei 2016

Gambaran Umum KSU AMPUH


Koperasi Serba Usaha "Amanat Masyarakat Peduli Umat Hindu" didirikan atas prakarsa Lembaga Peduli Umat Hindu yang mana anggotanya sebagaian besar terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat yang secara intensif menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat ekonomi lemah, khususnya Umat Hindu. Di mana Umat Hindu di Bali melaksanakan kewajiban ibadah dan tanggungjawab terhadap leluhur cukup besar, untuk mempertahankan tradisi budaya khususnya bagi umat Hindu yang kurang mampu diperlukan uluran tangan dari berbagai pihak, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan termasuk LPUH (Lembaga Peduli Umat Hindu) yang sekarang telah berbentuk yayasan, yaitu “Yayasan Peduli Umat Hindu” (YPUH), memiliki inisiatif untuk mendirikan koeprasi yang dapat membantu dan memperkuat posisi umat yang kurang mampu menjadi lebih baik, bahkan dapat melaksanakan seluruh kewajibannya terkait dengan tanggungjawabnya dalam mempertahankan tradisi, agama dan kepercayaannya. KSU AMPUH didirikan oleh Dewan Pendiri berjumlah 24 (dua puluh empat) orang pada tanggal 31 Agustus 2010 melalui Rapat Pembentukan Koperasi dengan program utama adalah Simpan Pinjam. KSU AMPUH sejak dirintis tanggal 31 Juli 2010 didukung oleh anggota mencapai 122 (seratus dua puluh dua) orang, dan telah memiliki Badan Hukum Nomor:   67/BH/XXVII.3/V/2010, tanggal: 2 Mei 2010,  dengan akta Notaris Farida Andriani, SH Nomor : 02 tertanggal 10 April 2010,


A. Susunan Organisasi  
Susunan pengurus sebagai berikut:
1. Ketua : Dr. Gede Sandiasa, S.Sos, M.Si
2. Sekretaris: Drs. I Made Madiarsa, MMa
3. Bendahara: Dra. Ni Ketut Adi Mekarsari, MM
Anggota Badan Pengawas:
1. Dra. Ni Nyoman Resmi, MM (Ketua)
2. Saptala Mandala, SH, MH (Anggota)
3. Made Budiasa, SE (Anggota)
Jumlah karyawan 6 (enam orang) yaitu;
1. Ni Luh Sumarni (Kasir)
2. Ketut Sujana (bagian kredit)
3. Ni Ketut Sudianing, S.Sos  ( Administrasi dan Pengendalian Kredit)
4. Ni Made Juliati (Layanan Anggota)  
5..  Ketut Sumardika (Layanan Anggota)
6.Ni Luh Lia Agustina, SE (Administrasi dan Program)

B.Bidang Administrasi
Penguatan administrasi secara terus menerus diperkuat, termasuk Tanda Daftar Perusahaan, SIUP Perdagangan dan Surat Ijin Simpan Pinjam (SIUSP), telah dimiliki oleh KSU AMPUH. Proses administrasi dalam rangka mendukung kegiatan operasional sudah terus diupayakan secara bertahap untuk menghasilkan laporan keuangan sesuai petunjuk Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi  Kabupaten Buleleng.
  1. Administrasi kami selalu berkoordinasi dengan Disperindagkop Kabupaten Buleleng.
  2. Seluruh kegiatan administrasi, baik administrasi umum dan administrasi keuangan didukung dengan sarana komputer dan program perbankan, sehinggga memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan layanan secara cepat dan berkualitas. 
  3. Administrasi Keuangan dan Pembukuan; dilakukan pencatatan secara tertib dan mudah, tertib administrasi dan bukti transaksi. Disamping secara manual KSU AMPUH juga mempergunakan bantuan Program Perbankan dan setiap akhir bulan dilakukan pengeprinan secara lengkap, tapi untuk kas, laporan rugi laba, neraca singkat, neraca harian, mutasi kredit, berita acara keuangan di print setiap hari dicheck atau dicocokkan dengan buku bantu dan laporan keuangan secara manual dan bukti-bukti transaksi. 
  4.  Administrasi Kredit. Proses yang menyangkut kredit, dari permohonan calon debitur yang diterima pegawai bagian kredit. Permohonan di analisa, dibuat keputusan, calon debitur mengisi blanko permohonan, dilakukan penilaian tentang kelayakan penerima pinjaman, baik berkaitan dengan kemampuan bayar, jaminan, kepercayaan dan debitur menanda tangani SPP (Surat Perjanjian Pinjaman), lalu realisasi kredit. Setelah realisasi terus diadakan pengawasan kredit sampai kredit lunas.
  5. Administrasi yang Terkait Kerja Sama. Dalam melancarkan usaha KSU AMPUH melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan lain, seperti LPD, Koperasi, Instansi Pemerintah dan Swasta dengan perikatan kerjasama yang saling menguntungkan.
  6. Administrasi  menyangkut Tata Usaha. Dalam rangka menudahkan mengenali dan mengambil kembali arsip, bukti-bukti telah dilakukan dengan filling system, sehingga dapat memperlancar pelayanan dan guna keperluan laporan baik secara manual maupun melalui komputerisasi. 
Demikian gambaran singkat dari KSU AMPUH, semoga apa yang menjadi tujuan kami dalam mendirikan koperasi ini selalu mendapat dukungan dari anggota dan masyarakat secara luas. Kami memiliki tujuan untuk memperluas jangkauan pelayanan dan pengembangan usaha, meningkatkan kemampuan koperasi dalam menjawab tantangan ekonomi di masa mendatang dan dalam rangka membuka lapangan pekerjaan sebagai upaya membantu pemerintah menekan angka pengangguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar